Senin, 25 April 2011

Kaitan Pendidikan dengan Kebersihan

Kali ini saya akan membahas pentingnya Kebersihan di dunia pendidikan, apa yang terjadi jika kita belajar di lingkungan yang kotor,kusam,dll ? pasti kita tidak akan nyaman dalam belajar . Hal ini mungkin menjadi perhatian utama dalam beberapa sekolah di Lampung bahkan Indonesia . Berikut ini beberapa kaitan Pendidikan dengan Kebersihan .

1. Kebersihan dapat mengurangi kenyamanan belajar .
benar sekali seperti yang telah dibahas bahwa belajar tidak akan enak tanpa kebersihan di Lingkungan sekitar. Lingkungan yang cukup bersih juga dapat meningkatkan kenyaman dalam belajar dan mungkin dapat meningkatkan fokus kita .



2. Kebersihan dapat membuat kita bebas dari penyakit
ini mungkin dialami beberapa orang yang sakit karena kuman yang berada pada sampah, kalau saja kita sakit , pasti kegiatan belajar kita akan berkurang , nah ini justru membuat siswa ketinggalan pelajaran selama beberapa hari .

3. Kebersihan juga dapat membuat kebiasaan untuk disiplin .
jika kita disiplin dalam kebersihan misalnya membuang sampah pada tempatnya, cuci tangan dengan sabun, dll . Hal ini akan berpengaruh pada Moral kita untuk disiplin dalam belajar . Kita akan lebih giat lagi belajar karena kita sudah terbiasa disiplin .

4. Kebersihan membuat sesuatu menjadi terpandang
mungkin di opsi yang ke4 ini hanya sedikit sangkut pautnya dengan Pendidikan tapi patut juga kita bahas . Apa yang terjadi jika anda menjadi pusat perhatian karena anda atau lingkungan rumah anda kotor ? mungkin anda akan malu . Nah dengan bersih kita akan menjadi terpandang dengan kebersihan kita dan punya banyak teman . Demikian juga berlaku pada Sekolah/Lingkungan . Mungkin tempat yang bersih akan sering diperhatikan oleh kalangan Umum karena kebersihannya . Sekolah yang bersih juga dapat membuat cerminan bahwa pendidikan di dalamnya bagus .

Itulah beberapa kaitan antara PENDIDIKAN & KEBERSIHAN .
karya sendiri 
wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar